Jumat, 08 Maret 2013

Merawat trackball Blackberry agar tidak cepat rusak

trackball bb rusak

Bayangkan bila trackball pd blackberry kesayangan anda macet,pastinya hal tersebut akan membuat anda emosi.tetapi mungkin salah satu masalah yang akan anda temui pada BLACBERRY kesayangan anda adalah tidak responsifnya trackball seperti waktu pertama kali anda beli..

Padahal Trackball pd BB memiliki peranan yang penting tapi juga sangat sensitif dan rawan rusak. Trackball biasanya di pakai untuk mempermudah menjelajahi isi BB. Seringnya kita menggunakan trackball untuk mengakses fitur,aplikasi,maupun perintah langsung dengan klik trackball. Namun,kadang kala anda lalai merawat bahkan memperhatikan trackball pada BB anda.

Kebanyakan dari kasus2 yang terjadi, penyebab cepat rusaknya trackball adalah terlalu seringnya penggunaan trackball,pemakaian yang kasar,tergores,kotor,atau memang cacat produksi,sehingga komponen tersebut tdk dapat berfungsi sbagaimana mestinya. mungkin ada BB yang penggantian trackballnya dapat dilakukan tanpa membongkar casing, namun beberapa tipe BB mengharuskan anda membongkar casing terlebih dahulu.

Karena itu untuk apa menunggu rusak apabila anda dapat merawat trackball BB anda sendini mungkin, Berikut ini tips untuk merawat trackball BB anda.

    Kurangi pemakaian trackball BB anda karena pemakaian yg terlalu sering tanpa disadari akan menyebabkan trackball BB menjadi cepat rusak. jadi demi memperlama umur trackball anda mulai sekarang anda hrus belajar meminimalisir pemakaian nya. Untuk menyiasatinya anda dapat manfaatkan pemakaian tombol keybord untuk mengakses shortcut ke pemilihan ataupun pengaturan.

    Usahakan jangan sering menggunakan kuku saat menekan trackball karena akan menyebabkan trackball anda mudah rusak dan berpengaruh negatif terhadap sensitifitas trackball. jangan juga menekan trackball trlalu keras karena akan menyebabkan trackball masuk ke dalam.

    Hindarkan BB anda dari tempat2 kotor dan bersihkan trackball anda secara rutin. jangan lupa pastikan tangan anda bersih, tidak basah ataupun berminyak, khususnya bagian jempol saat menyentuh trackball agar trackball tidak kotor.

    penggunaan beberapa tombol sprt enter dapat di gunakan sebagai pengganti trackball. Funsinya sama, anda hany tinggal mengarahkan kursor dgn trackball ke arah yg di tuju stelah itu tekan enter, tujuanny adalah untuk mengurangi frekuensi menekan trackball
.
    dalam BB messenger atau BBM,yahoo messenger,atw aplikasi messenger lainnya gunakan tombol T untuk menuju pada chat pertama kali dan tombol B untuk menuju chat terahir. Gunakan tombol spasi untuk turun satu kolom chat
.
    Untuk membaca email atau browsing gunakan keyboard shortcut ( spasi: untuk scrolldown, alt-spasi: untuk scrollup, N: untuk next, P: umtuk previous ). untuk lebih lengkapnya silahkan baca di thread BB shortcut.

    Dalam memilih menu, anda bisa menekan huruf depan menu tersebut, misal C untuk COMPOSE message, lalu C lagi untuk COMPOSE MMS, dan seterusnya. kalau anda bisa menghafalnya,anda tidak perlu menggunakan trackball untuk memilih menu pada BB anda.

Semoga bermanfaat dan membuat trackball BB anda dapat di pakai lebih lama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar